Wisata Tapak Tilas di Blitar

Wisata Tapak Tilas di Blitar – Seperti yang kita ketahui bahwa setiap daerah pasti memiliki tradisi bahkan adat yang sudah lama tertanam. Terlampau banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi ketika menyambangi kota Blitar. Ketika musim liburan tiba, kebanyakan orang memilih untuk mengunjungi tempat wisata yang jarang disambangi orang banyak. Kota ini memiliki banyak lokasi bersejarah menarik yang merupakan peninggalan pada zaman kerajaan di Indonesia.

Tempat-tempat bersejarah tersebut masih tertata rapih hingga sekarang dan malah dijadikan sebagai destinasi wisata. Banyak pula wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk mengunjungi beberapa lokasi yang mempunyai ragam sejarah di Blitar. Berikut ini konservasi cagar budaya yang bisa kamu eksplor di Blitar.

1. Arca Warak
Bangunan bersejarah di Jawa Timur ini terletak di Modangan, Nglegok, Blitar tepatnya di sebelah timur dari Candi Penataran. Ada beberapa artefak yang bisa kamu temukan di tempat ini seperti jaladwara yang merupakan arca berbentuk gajah, bebatuan candi, lumpang, serta kemuncak.

Untuk sampai ke tempat ini kamu hanya perlu menempuh jarak 2,8 km dari Candi Penataran. Situs ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Sangat baik mengajak keluarga untuk mengunjungi tempat ini, selain berwisata kamu bisa sekaligus mengenalkan sejarah Arca Warak kepada anak.

2. Situs Umpak Balekambang
Untuk menemukan situs ini terbilang mudah karena jaraknya yang berdekatan dengan dua lokasi bersejarah lainnya yaitu Arca Warak dan Candi Penataran. Tempat wisata sejarah ini memiliki suasana yang sejuk dan asri, tapi sayangnya situs ini sepi pengunjung dikarenakan banyak bagian bangunan yang hilang. Untuk masuk ke situs ini kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun. Kamu bisa bebas mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

3. Candi Kalicilik
Lokasi wisata bersejarah kali ini terletak di Dusun Candirejo, Kec. Ponggok, Blitar. Di tempat ini terdapat candi yang disusun menggunakan bata merah dan batu andesit. Candi ini merupakan sebuah peninggalan zaman Majapahit yang sampai saat ini masih berdiri tegak di kota Blitar.

Karena lokasinya yang berada di area pemukiman warga sehingga kurang sekali fasilitas memadai untuk menunjang tempat ini, jadi tidak terlihat seperti tempat wisata. Meski demikian kamu masih bisa mampir kesini hanya sekadar untuk berfoto-foto.

4. Candi Mleri
Kamu butuh menempuh waktu sekitar 9,7 km dari pusat kota Blitar menuju Desa Bagelenan, Srengat, Blitar, Jawa Timur yang merupakan lokasi dari Candi Mleri ini. Di tempat ini kamu bisa menemukan prasasti dengan lambang kalamakara. Tidak hanya itu, banyak pula benda cagar budaya yang bisa kamu lihat di tempat ini. Menurut warga sekitar Candi Mleri ini merupakan candi tertua di Blitar.

5. Candi Gambar Wetan
Candi yang berlokasi di Desa Gambar, Nglegok, Blitar ini terdapat banyak sekali spot foto untuk mengabadikan momen kamu bareng keluarga. Cagar budaya yang satu ini termasuk yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan biaya masuk Rp.0 alias gratis untuk umum.